Berita

Sekda Pimpin Upacara Hari Lahir Pancasila Tingkat Kota Subulussalam

June 01, 2018


Sekda Pimpin Upacara Hari Lahir Pancasila Tingkat Kota Subulussalam

Reporter MC Kota Subulussalam

Subulussalam, Info Publik- Pemerintah Kota Subulussalam melaksanakan Upacara Hari Lahir Pancasila 1 Juni 2018 yang berlangsung di Lapangan Sada Kata Subulussalam Sebagai Inspektur Upacara Sekretaris Daerah Kota Subulussalam H. Damhuri, SP. MM, jumat (1/6).

Petugas Upacara yakni Pembaca Ayat Suci Al quran Risdawati, Kapten Inf. Fahrul Muhadi sebagai Perwira Upacara, Kapten Inf. Gunawan menjadi Komandan Upacara, Pembaca UUD 1945 Serka Saihudin dan Pembaca Doa adalah Harmaini, S. PdI. MM.

Sementara Pasukan Upacara diikuti oleh personil Kodim 0118 Kota Subulussalam, Brimob, Pejabat Eselon II ASN Pemko Subulussalam, ASN, Personil Dishub, Personil Satpol PP dan WH, Anggota Kwarcab GP Kota Subulussalam.

Amanat Presiden RI Joko Widodo yang dibacakan Inspektur Upacara menyebutkan Selama 73 tahun Pancasila sudah menjadi rumah kita yang ber-Bhineka Tunggal Ika. Insya Allah sampai akhir zaman, Pancasila akan terus mengalir di denyut nadi seluruh rakyat Indonesia.

Pancasila adalah berkah yang indah yang diberikan Tuhan Yang Maha Esa kepada kita, melalui perenungan, pergulatan pemikiran dan kejernihan batin para founding fathers Indonesia.

Pancasila pertama kali diuraikan secara jelas oleh Bung Karno pada tanggal 1 Juni 1945, kemudian dituangkan dalam Piagam Jakarta pada tanggal 22 Juni 1945 dan dirumuskan secara final pada tanggal 18 Agustus 1945.

Menurutnya Pancasila berperan sebagai falsafah dan dasar Negara yang kokoh, yang menjadi fondasi dibangunnya Indonesia yang bersatu, berdaulat, adil dan makmur. ” Semangat kita untuk bersatu, berbagi dan berprestasi, menjadi tanggungjawab kita, ” tegasnya.

Dengan modal semangat dan energi kebersamaan, kita akan mampu berprestasi untuk memenangkan kompetisi. Kita harus percaya diri dan berani bersaing dalam kehidupan dunia yang semakin terbuka dan kompetitif.

Presiden mengingatkan bahwa kekuatan kolektif bangsa harus diperkokoh dan tidak boleh menghambur-hamburkan energi dalam perselisihan dan perpecahan, malah kualitas sumber daya manusia yang unggul dan tangguh harus ditingkatkan, ujarnya.

Diakhir amanatnya Presiden berpesan dalam Peringatan Hari Lahir Pancasila di setiap tanggal 1 Juni jadikan sebagai momen pengingat, momen pemacu dan momen aktualisasi nilai-nilai Pancasila dan terus amalkan warisan mulia pada founding fathers ini untuk kemajuan bangsa, dan sekaligus juga menjadi sumbangsih Indonesia kepada masyarakat dunia.

Turut hadir, Forkopimda Kota Subulussalam, Para Asisten, Dansub Denpom Kota Subulussalam Kapten CPM Maryanto, Danki Brimob Kota Subulussalam Iptu Nurdin.

 

Berita Lain


Data Informasi Publik

Links

Artikel



Add Comment