BPS Kota Subulussalam Gelar FGD Penyusunan Publikasi Kota Subulussalam Dalam Angka 2024

Subulussalam | Kamis, 22 Februari 2024 | Berita 

BPS Kota Subulussalam Gelar FGD Penyusunan Publikasi Kota Subulussalam Dalam Angka 2024

Reporter MC Kota Subulussalam

Subulussalam, InfoPublik- Badan Pusat Statistik (BPS) Kota Subulussalam menggelar Focus Group Discussion (FGD) penyusunan publikasi Kota Subulussalam Dalam Angka 2024 dan pembinaan statistik sektoral yang dibuka Asisten Perekonomian dan Pembangunan Setdako Subulussalam Jhoni  Arizal, S.STP, M. Si, bertempat di aula Bappeda Kota Subulussalam, kamis (22/2/2024).

Mengawali kegiatan, Kepala BPS Kota Subulussalam Ir. Sudariah mengatakan bahwa statistik itu ada tiga, pertama, statistik dasar, kedua, statistik sektoral dan ketiga statistik khusus.  

Dan perlu diingat BPS berperan dalam penyediaan data statistik nasional maupun internasional, untuk menghasilkan statistik yang mempunyai kebenaran akurat dan menggambarkan keadaan yang sebenarnya dalam rangka mendukung Indonesia Maju, pungkasnya.

Dalam perannya, eksistensi BPS sebagai penyedia data dan informasi statistik menjadi semakin penting karena memegang peran dan pengaruh sentral dalam penyediaan statistik berkualitas tidak hanya di Indonesia melainkan juga di tingkat dunia. Dengan visi tersebut juga, semakin menguatkan peran BPS sebagai pembina data statistik.

Selama ini BPS mengumpulkan berbagai data dari berbagai sumber melalui sensus, survei, dan kompilasi produk administrasi. Big data merupakan salah satu sumber data baru yang dapat dimanfaatkan dalam mendukung statistik yang dikumpulkan selama ini sehingga data yang disajikan akurat dan lebih cepat sesuai dengan kebutuhan pengguna.

Program Kota Subulussalam Dalam Angka adalah salah satu program yang setiap tahun dipublikasikan. Untuk itu pihaknya mohon dukungan dan bantuan semua stakeholder SKPK dalam Kota Subulussalam termasuk instansi vertikal dan instansi lainnya seperti perbankan, PLN dan lainnya agar memberikan data yang akurat, lengkap dan dipertanggungjawabkan, pintanya.

Plt. Kepala Bappeda Kota Subulussalam H. Ramadhan, ST, MM sangat mendukung program Kota Subulussalam Dalam Angka 2024 yang dilaksanakan BPS untuk menghasilkan data yang akurat, benar, lengkap dan dipertanggungjawabkan, sebutnya.

Bappeda selaku Pembina bersama BPS dan dibantu Dinas Komunikasi dan Informatika selaku Walidata berharap kepada semua stakeholder untuk mendukung dengan memberikan data tepat waktu.

Data yang dipublikasikan tentunya sangat bermanfaat bagi pembangunan di Kota Subulussalam dan menjadi tolak ukur keberhasilan daerah, ujarnya.

Senada dengan Kepala BPS dan Plt. Kepala Bappeda Kota Subulussalam, Asisten Perekonomian dan Pembangunan Jhoni  Arizal, S.STP, M. Si mengingatkan semua Kepala SKPK untuk memberikan data yang dibutuhkan Kota Subulussalam Dalam Angka 2024 sesegera mungkin, sehingga waktu yang telah direncanakan bisa tepat waktu untuk dipublikasikan, tuturnya.

Dalam kesempatan itu juga Asisten Perekonomian dan Pembangunan Jhoni  Arizal, S.STP, M. Si mengisi materi dengan judul “ Peran Data Sektoral Dalam Perencanaan Pembangunan Kota Subulussalam. “

Juga diisi dengan diskusi dan paparan dua narasumber teknis dari BPS yakni Ahmad Kamal S.Tr.Stat dan Mutia Soraya Adila, S.Tr.Stat  yang dipandu Habi Cahya Kumara SST, M.Stat.

Dalam diskusi salah seorang peserta meminta kepada pimpinan daerah agar setiap SKPK diberikan alokasi anggaran untuk program statistik atau dana untuk mendukung pendataan sektor tusinya. 

Saat ini data sangatlah dibutuhkan untuk berbagai macam aspek pembangunan dan kebijakan pimpinan dalam memutuskan sesuatu hal, katanya.   

Tersedianya data yang akurat, akuntabel dan dipertanggungjawabkan tidak muncul sendiri namun harus dicari dan didapat dengan usaha instansi tersebut. Kalau dana tersebut tidak tersedia maka diragukan keakuratan datanya, urainya.