Sekda Kota Subulussalam Lakukan Konferensi Pers Dihadapan Jurnalis

Subulussalam | Senin, 8 Januari 2024 | Berita 

Sekda Kota Subulussalam Lakukan Konferensi Pers Dihadapan Jurnalis

Reporter MC Kota Subulussalam

Subulussalam, InfoPublik-Sekretaris Daerah Kota Subulussalam H. Sairun, S.Ag, M. Si  lakukan konferensi pers dihadapan jurnalis usai apel bersama jajaran PNS Pemko Subulussalam, senin (8/1/2024).

Didampingi Plt. Kepala Bappeda Kota Subulussalam H. Ramadan, Sekda  H. Sairun mengatakan menyikapi kondisi keuangan daerah Kota Subulussalam tahun 2023 yang berekses kepada tidak terealisasinya seluruhnya kewajiban daerah tahun 2023.

Wali Kota Subulussalam H. Affan Alfian memberikan arahan kepada TAPK Kota Subulussalam agar menyusun konsep anggaran tahun 2024 yang lebih efektif dan efesien

Ada beberapa langkah dalam Rancangan Kebijakan Umum Anggaran (KUA PPAS) Kota Subulusalam tahun 2024, pertama, mengoktimalkan pendapatan yang realistis sehingga asumsi pendapatan yang selama ini juga ikut mewariskan defesit tidak terjadi lagi kedepan.

Kedua, memanfaatkan anggaran se-efesien mungkin, ketiga, hasil kajian tim bahwa apabila estimasi pendapatan dihitung secara realitas dan perbelanjaan disesuaikan dengan kondisi keuangan maka ditargetkan keuangan daerah tahun 2024 seperti yang disampaikan pada rancangan KUA PPAS  surplus mencapai 72 Miliar.

Keempat, hitungan surplus 72 Miliar itu sangat membantu menyelesaikan hutang kewajiban warisan tahun 2023 ke tahun 2024 yang akan menjadi beban daerah, kelima, surplus yang lebih kurang 72 Miliar yang dirancang dalam dokumen KUA PPAS tahun 2024 tanpa mengakomodir visi misi pimpinan dan Pokir anggota DPRK yang selama ini setiap tahun tertampung dalam APBK.

Keenam, disampaikan kepada SKPK agar penggunaan anggaran tahun ini se-efektif mungkin dan semua harus siap ikat pinggag demi mengurangi beban defisit dan permasalahan yang terjadi tahun 2023 tidak terulang di tahun 2024.

Ketujuh, berharap kepada anggota DPRK terutama Tim Banggar untuk sama-sama melihat dan mencari solusi serta menyepakati rancangan KUA PPAS tahun 2024 untuk mengurangi angka defisit tahun 2024.

Kedelapan, adanya komitmen bersama dengan tersedianya surplus anggaran yang disiapkan tahun 2024 maka semakin terbuka lebar persoalan defesit akan lebih bisa terkendali tahun 2024.

Kesembilan, persoalan defesit keuangan daerah antara legislatif dan eksekutif tidak ada yang cuci tangan apalagi seolah melempar batu sembunyi tangan. Kita harus bertanggungjawab dan sama-sama mencari solusi agar persoalan defesit segera bisa diatasi.

Kesepuluh, dalam upaya menekan angka defisit tahun 2024, kedepan harus bekerja keras selain menggenjot pendapatan yang bersumber dari PAD dan sumber lain yang sah juga menggunakan anggaran yang efektif, efesien dan terukur.

Kesebelas, tahun 2024 ada agenda nasional yang harus disukseskan yakni Pemilu Tahun 2024 Pilpres, Pileg dan Pilkada. Pihaknya telah menyiapkan anggaran penyelenggara. Kedua belas, apa yang disampaikan ini menjadi informasi penting kepada seluruh masyarakat Kota Subulussalam agar sama-sama memahami kondisi keuangan daerah dan solusi yang ditempuh pemerintah. Ditandatangani Ketua TAPK Kota Subulussalam H. Sairun, S.Ag, M. Si.

Mempertegas pernyatan tersebut Sekda H. Sairun, S.Ag, M. Si selaku Ketua TAPK Kota Subulussalam berdialog tanya jawab dengan para jurnalis yang hadir.