Wali Kota Subulussalam Buka MTQ VIII Tingkat Kota Subulussalam Tahun 2023

Subulussalam | Selasa, 25 Juli 2023 | Berita 

Wali Kota Subulussalam Buka MTQ VIII Tingkat Kota Subulussalam Tahun 2023

Reporter MC Kota Subulussalam

Subulussalam, InfoPublik-Wali Kota Subulussalam H. Affan Alfian membuka Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) VIII Tingkat Kota Subulussalam yang dilaksanakan dari tanggal 25 hingga 28 Juli 2023. 

Diikuti 6 kafilah terdiri dari 5 kafilah kecamatan dalam Kota Subulussalam dan kafilah STIT Hamzah Fansyuri, bertempat di  lapangan Raja Samsudin Bancin Kampong Dasan Raja Kecamatan Penanggalan, selasa (25/7/2023).

Banyak masyarakat Kecamatan Penanggalan memadati arena utama MTQ untuk menyaksikan rangkaian pembukaan. Antusias warga dan peserta MTQ mengikuti rangkaian pembukaan  tetap ramai hingga selesai acara pembukaan.

Mengawali acara dilakukan defile kafilah peserta MTQ yang diiringi drum band SMKN Penanggalan, dilanjutkan kafilah Kecamatan Sultan Daulat, kafilah STIT Hafas, kafilah kecamatan Rundeng, kafilah Kecamatan Simpang Kiri.

Selanjutnya kafilah Kecamatan Longkib dan terakhir ditutup oleh tuan rumah kafilah  Kecamatan Penanggalan. Acara dilanjutkan dengan pembacaan ayat suci Al quran, sholawat badar dan menyanyikan lagu Indonesia Raya.

Dalam kesempatan tersebut Ketua Pelaksana MTQ selaku Tuan Rumah Camat Penanggalan diwakili Sekretaris Kecamatan Rida Bancin membacakan laporan. Dilanjutkan sambutan Ketua LPTQ Kota Subulussalam Drs. Salmaza, MAP.

Dan beberapa rangkaian mengisi pembukaan antara lain penampilan tarian, pengibaran bendera MTQ dan pengukuhan Dewan Hakim MTQ ke VIII Tahun 2023 oleh Wali Kota Subulussalam.

Mengawali arahannya, Wali Kota Subulussalam H. Affan Alfian mengungkapkan rasa senangnya selama menjabat Wali Kota dapat membuka pelaksanaan MTQ tingkat Kota Subulussalam tahun 2023 sebagai tuan rumah Kecamatan Penanggalan dan sebelumnya tahun 2020 yang lalu dilaksanakan di Kecamatan Sultan Daulat, pungkasnya.

Ungkapan rasa senangnya juga pada malam ini kembali dipertemukan, bersilaturahmi dan bertatap muka bersama dengan para alim ulama, para penghafal Al-qur’an, qori dan qoriah terbaik yang dimiliki di Kota Subulussalam ini.

Dihadapan unsur Forkopimda, pejabat eselon II, III, para undangan dan masyarakat Wali Kota menyebutkan bahwa masyarakat yang menyaksikan rangkaian pembukaan pada malam hari ini begitu ramai dengan antusias yang luar biasa.

Mudah-mudahan pelaksanaan MTQ ini menjadi media syiar dan dakwah yang membawa manfaat dan maslahat untuk ummat, menjadi motivasi bagi masyarakat untuk selalu dekat dengan al-qur’an.

Terlebih lagi bagi generasi penerus, kaum muda dan milenial di tengah perkembangan zaman saat ini begitu banyak tantangan yang dihadapi hendaknya tidak ikut terlena dan terjebak dalam situasi ini, ucapnya.

Pemuda harus menjadi bagian dari kontrol sosial yang berlandaskan nilai-nilai islam sesuai dengan harapan kita agar generasi muda Kota Subulussalam terus aktif, kreatif dan berjiwa qur’ani.

Pihaknya akan terus memberikan perhatian khusus dan mendukung penuh terhadap kegiatan-kegiatan keagamaan sebagai bagian dari upaya kita untuk mewujudkan masyarakat Kota Subulussalam yang sejahtera dan islami.

Lebih lanjut ia katakan bahwa kegiatan MTQ tidak semata-mata sebagai wahana untuk berlomba membaca Al-qur’an tetapi juga sebagai edukasi untuk semakin membumikan Al-qur’an di bumi sada kata dalam upaya untuk meningkatkan kesadaran beragama yang lebih humanis dan terbuka, imbuhnya.

Dalam kesempatan tersebut Wali Kota berpesan agar nilai-nilai silaturahmi dan kebersamaan yang tercipta antar kafilah di arena MTQ ini akan mengalahkan semangat berlomba untuk menjadi juara. Menjadikan musabaqah sebagai wahana untuk menumbuhkan dan mempererat tali persaudaraan diantara kita, tuturnya.