Walikota Subulussalam Lantik Tujuh  Mukim Periode 2022-2027

Subulussalam | Senin, 29 Agustus 2022 | Berita 

Walikota Subulussalam Lantik Tujuh  Mukim Periode 2022-2027

Reporter MC Kota Subulussalam

Subulussalam, Info Publik- Walikota Subulussalam H. Affan Alfian melantik Tujuh Mukim dalam Kota Subulussalam bertempat di aula serbaguna pendopo Walikota Subulussalam, senin (29/08/2022).

Ketujuh Mukim tersebut adalah H. Anwar Dedeh Bancin sebagai Mukim Kombih, Bijak sebagai Mukim Belegen, Thamrin Mukim Binanga, Rahman Waldi sebagai Mukim Tualang, Abdul Rajak Mukim Pasir Belo, Haris Muda Bancin sebagai Mukim Penanggalan dan Saidiman, S.Pd sebagai Mukim Batu-batu.

Mengawali kata sambutan Walikota Subulussalam H. Affan Alfian mengucapkan selamat dan sukses kepada para Kepala Mukim yang baru saja dilantik, semoga para Kepala Mukim yang baru dapat membawa wajah dan pemikiran yang aktual dalam mengisi pembangunan di Bumi Sada Kata, pungkasnya.

Dan ucapan terima kasih dan apresiasi setinggi-tingginya kepada Pejabat Kepala Mukim yang telah mengabdikan dirinya untuk Kota Subulussalam semoga menjadi amal ibadah.

Dikatakannya, Mukim memiliki peran strategis seiring dengan perkembangan yang terjadi di masyarakat. Hadirnya mukim hendaknya mampu menata dan membina kehidupan masyarakat dalam rangka memelihara kerukunan ketentraman di tengah-tengah masyarakat.

Dulu Mukim hanya sebatas perantara antar Kepala Kampong, namun dengan adanya perubahan dan dinamika yang terjadi peran Mukim semakin ditingkatkan seperti menyelenggarakan Pemerintahan, melaksanakan pembangunan, pembinaan kemasyarakatan dalam pelaksanaan syari'at Islam, serta penyelesaian sengketa menyangkut perkara adat dan hukum adat, katanya.

Iapun berharap Mukim bisa menjadi mediator mendengarkan masyarakat, memfasilitasi sekaligus mencermati berbagai dinamika yang ada di tengah-tengah masyarakat khususnya pada tingkat kemukiman.

Kehadiran Mukim hendaknya mampu menjadi solusi di dalam kegelapan menjadi penyejuk di kala kegerahan dan menjadi mata air bagi yang kehausan, ucapnya.

Terakhir Walikota berpesan Mukim Terpilih masa bakti 2022-2027 bisa membawa perubahan, dapat menjalankan tugas dan tanggungjawabnya dengan baik, pintanya.

Turut hadir, Wakil Walikota Subulussalam  Drs. Salmaza, MAP, Dandim 0118/Subulussalam Letkol Inf Ari Sunu, Kapolres Subulussalam diwakili Wakapolres Subulussalam Kompol Erwinsyah, S.Sos, Kajari Subulussalam Mayhardi Indra Putra SH,MH.

Juga Ketua Mahkamah Syariah Subulussalam Fahrudin Ritonga, SH.I, MH, Ketua MPU Kota Subulussalam Drs. H. Azharuddin, Sekda Kota Subulussalam Ir. Taufit Hidayat, MM, Para Asisten, Kepala SKPK dan  Camat.